Kamis, 04 November 2010

tugas Individu modul 3

Jenis-jenis Komponen Koneksi Delphi ke Database (ADO, BDE, DBExpress, ODBC, PostgresDAC, MSADODAC, MyDAC, MySQLDAC, SDAC dan Zeos)

ADO

Ada bermacam cara untuk membangun koneksi Delphi ke database oracle. Bisa menggunakan ADO Component yang secara default terinstal pada saat set up Delphi dan ada juga yang menggunakan komponen tambahan yang instalasinya terpisah yaitu komponen ODAC (Oracle Data Access Component), dan mungkin masih ada yang lainnya.

- ADO Component

Ada 2 cara apabila menggunakan ADO Component, yaitu menggunakan Data Source Name (1) atau menggunakan Connection String (2). Buka Control Panel > Administrative Tools > Data Source (ODBC).

(1) Pada tab User DSN klik Add pilih Microsoft ODBC for Oracle. Masukkan Data Source Name, Description, User Name, dan Server.

(2) Pada tab File DSN klik Add pilih Microsoft ODBC for Oracle. Next. Browse (letakkan file DSN dimanapun). Finish.

Sekarang tinggal set di Delphi. Tambahkan komponen ADOConnection kemudian double-klick. Pilih Use Connection String.

(1) Pilih Use Data Source Name dan pilih data source yang telah dibuat tadi. Masukkan Username dan Password, check Allow saving password. Klik tombol Test Connection.

(2) Pilih Use connection string. Klik tombol Build. Pilih file DSN yang telah dibuat pada direktori yang anda tentukan tadi. OK. Masukkan User Name, Password, dan Server. OK. Klick tonbil Test Connection.

- ODAC (Oracle Data Access Component)

Jika pada Delphi belum ada, bisa di download di sini. Kemudian install. Otomatis akan bertambah 1 komponen pada Component Pallete yaitu Oracle Access. Tambahkan komponen OraSession double-klick. Masukkan Username, Password, Server, dan Home (pilih Default saja). Connect. Atau bisa juga pada Properties OraSession langsung diisi TNS name pada folder oracle terinstal.

Koneksi sudah dibangun tinggal kita memanipulasi data menggukan SQL query. (1) Tambahkan komponen ADOQuery, sedangkan (2) komponen OraQuery.

Berikut sedikit contoh menggunakan ODAC :

Sebelunya pilih Session pada properties komponen OraQuery1 yaitu OraSession1.

dlp

http://mamuluziaf.blogspot.com/2010/03/delphi-oracle-database-connection.html

2. BDE
Borland Database Engine (BDE) menyediakan kemampuan untuk mengakses berbagai jenis database menggunakan komponen Data Access. Kelemahan utama adalah bahwa BDE harus diinstal sebelum program-program anda akan bekerja.

Namun, dari titik pandang pengembang, BDE yang berdasarkan data Explorer merupakan tool yang sangat baik, dimana anda harus terbiasa dengannya. (Dari dalam Delphi, Database yang terpilih / Explore) Alat ini akan memungkinkan Anda untuk melihat tabel-tabel - Anda dapat melihat data, menentukan struktur, dan sejenisnya.

http://mc-computing.com/databases/Delphi/Database_Connections.html

3. DBExpress

driver dbExpress data Embarcadero's arsitektur yang menggantikan Borland Database Engine yang lebih tua. Pertama dirilis dengan Borland Delphi 6 dan C + + Builder 6, ia telah melewati beberapa iterasi sendiri, terakhir dikirim dengan Delphi 2010.


Embarcadero persediaan driver untuk database, termasuk Oracle, Firebird, Interbase, DB2, Informix, SQL Server dan MySQL. driver tambahan tersedia dari pihak ketiga.

http://en.wikipedia.org/wiki/DbExpress

4. ODBC
Untuk mengakses database Firebird melalui ODBC, Anda harus terlebih dahulu menetapkan koneksi ODBC (DSN). Pilih Control Panel / Administrative Tools / Data Sources (ODBC) / System DSN / Tambah ... Kemudian pilih driver Interbase. Pada kotak dialog, hanya 2 bidang ini adalah penting.

http://mc-computing.com/databases/Delphi/Database_Connections.html

5. SDAC
Gambaran Umum SQL Server Data Access Components

SQL Server Data Access Components (SDAC) adalah library komponen yang menyediakan akses ke database Microsoft SQL Server. SDAC menghubungkan ke SQL Server langsung melalui OLE DB, yang merupakan antarmuka SQL Server asli. Perpustakaan SDAC ini dirancang untuk membantu programmer mengembangkan aplikasi server database SQL lebih cepat dan bersih.

SDAC adalah pengganti solusi lengkap untuk Server standar konektivitas SQL dan menyajikan alternatif yang efisien dengan Borland Database Engine untuk mengakses SQL Server.
SDAC Palette
Keuntungan Teknologi SDAC

SDAC adalah database wrapper konektivitas langsung dibangun khusus untuk server SQL Server. SDAC menawarkan jangkauan yang luas dari fitur SQL Server mengatur dan menekankan strategi akses data dioptimalkan.
Luas Cakupan Fitur SQL Server

Dengan memberikan akses ke fungsionalitas database yang paling canggih, SDAC memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan kemampuan penuh dari SQL Server dan aplikasi database mengoptimalkan mereka. SDAC menyediakan dukungan lengkap bekerja dengan SQL Server 2005 Compact Edition, Jasa Broker teknologi, interface IRowsetFastLoad, bekerja dengan informasi metadata, dan MARS.
Kode Dioptimalkan

Tujuan dari SDAC adalah untuk memungkinkan pengembang untuk menulis aplikasi database yang efisien dan fleksibel. Perpustakaan SDAC diimplementasikan dengan menggunakan algoritma akses data lanjutan dan teknik optimasi. Kelas dan komponen menjalani tes kinerja yang komprehensif dan dirancang untuk membantu Anda menulis kinerja tinggi, lapisan data ringan akses.
Kompatibilitas dengan Metode Konektivitas Lain

Antarmuka SDAC mempertahankan kompatibilitas dengan standar komponen akses data VCL seperti BDE. Ada aplikasi berbasis BDE dapat dengan mudah bermigrasi ke SDAC dan ditingkatkan untuk memanfaatkan fitur SQL Server-spesifik. Proyek migrasi dapat diotomatisasi dengan BDE Migrasi / ADO Wizard.
Bagaimana Bekerja SDAC?

SDAC memungkinkan Anda untuk terhubung ke SQL Server melalui OLE DB, yang merupakan terendah didokumentasikan antarmuka SQL Server.

SDAC menghubungkan melalui OLE DB melalui satu set COM interface berbasis. SDAC dirancang untuk menjadi ringan dan terdiri dari lapisan minimal antara kode Anda dan database SQL Server.

Sebagai perbandingan, Borland Database Engine (BDE) menggunakan beberapa lapis untuk mengakses SQL Server, dan memerlukan software tambahan akses data yang akan diinstal pada mesin klien.


SDAC memungkinkan Anda untuk menghindari penggunaan BDE dan DBLibrary.

http://www.devart.com/sdac/



0 comments:

Posting Komentar