Kamis, 04 November 2010

Tugas Individu Modul 2

Ekstensi

Jenis dan Diskripsi File

Saat Pembuatan

BMP
File standar window, untuk menyimpan gambar bitmap.Image Editor
BPG
Borland Project Group, untuk Manajemen proyek multi-target.Development
BPL
Borland Package Library , sejenis DLL, kamu bisa membuat file EXE dengan ukuran kecil, tapi file ber-eksensi BPL ini harus di- ikutsertakan. Mungkin kamu pernah memperhatikan ukuran file EXE dari Visual Basic ?? Kecil 'kan, apakah file EXE Delphi bisa sekecil itu ? Jawabanya bisa saja, caranya saat kompilasi jangan meyertakan library kedalam file EXE yang kamu buat, tapi cukup ikut sertaka saja Packege Library. Layaknya sebuah DLL — Package Library juga bisa sharing.Kompilasi, Lingking
CAB
Microsoft Cabinet compressed file format. Dibangkitkan saat kamu melakukan Web Deploy (dari menu utama Delphi pilih Project|Web Deploy)Kompilasi
CFG
File Konfigurasi untuk Project OptionDevelopment
CUR
File standar window, untuk CursorImage Editor
DCI
Menyimpan perubahan Code Insight dari IDE (dari menu utama Delphi pilih Tools|Editor Options->pilih Tab: Code Insight)IDE
DCP
Delphi Component PackageKompilasi
DCT
Menyimpan perubahan Component Templates dari IDEIDE
DCU
Delphi Compiled Unit, hasil kompilasi file PASKompilasi
DFM
Delphi Form, file dalam format binaryDevelopment
~DF
Backupnya file DFMDevelopment
DLL
Dynamic Link Library, file DLL yang dihasilkan oleh Delphi dapat di-akses oleh program/aplikasi lannya. Saya mempunyai contoh sebuah file DLL yang dibuat dengan mengunakan Delphi, kemudian saya panggil dari program yang saya kembangkan dengan Visual FoxPro, hasilnya sangat memuaskan. Kalo kamu ingin melihat contoh programnya silahkan kunjungi situs saya yaitu, http://get.to/semut atau juga bisa ke http://oocities.com/visiweb ; pada bagian kiri dari home page tersebut pilih Bahasa Program|Visual FoxPro.Compilasi, lingking
DMT
Delphi Menu TemplatesIDE
DOF
Delphi Option FileDevelopment
DPK
Delphi PackageDevelopment
DPR
Delphi Project FileDevelopment
~DP
Backupnya DPR.Development
DRO
Menyimpan setiap perubahan pada Object Repository (dari menu utama Delphi pilih Tools|Repository). Boleh dihapus, tapi penambahan pada repository akan hilang, bisa di-restore lagi dari CD Delphi pada direktori ..\bin\delphi32.dro.IDE
DSK
Desktop file.Development
DSM
Delphi Symbol Module.Kompilasi
EXE
Executable fileCompilasi, Lingking
HTM, HTML
HyperText Markup Language. Dibangkitkan saat kamu melakukan Web Deploy (dari menu utama Delphi pilih Project|Web Deploy)Web deploy ActiveForm
ICO
File standar window, untuk IconImage Editor
LIC
License file, berhubungan file OCXActivex Wizard
OCX
OLE Control eXtension, semacam dll juga, berisi ActiveX controls atau formKompilasi, Lingking
PAS
Pascal file, source program.Development
~PA
Bacupnya PASDevelopment
RES, RC
Resource fileDevelopment
TBL
Type Library untuk OLE server application.Development
TODO
To-do list file, akan mempunyai nama file yang sama dengan project tetapi dengan ekstensi .TODOIDE


Istilah Pada Layar

Di dalam pemrograman Visual seperti halnya Delphi, pemahaman lingkungan kerja (IDE — Integrated Development Environment) merupakan hal yang penting, sama pentingnya dengan bahasa program.

GAMBAR 2-1 Tampilan Inprise Borland Delphi 5

Cara Akses Perintah

Terdapat tiga cara untuk memberikan perintah di dalam lingkungan kerja Delphi yaitu;

  • Gunakan Menu

  • Guanakan Toolbar (istilah Borland, Speedbar)

  • Gunakan SpeedMenu (menu lokal yang diaktifkan dengan menekan tombol mouse-kanan)

Kamu bisa melakukan semua aksi dari IDE. Mulai dari me-manage proyek, mendesign tampilan program, menulis kode program, mencari database, compile, mencoba program, debug, melihat class library, semua ini dilakukan tanpa meninggalkan IDE.

Jendela Utama Delphi

Saat pertama kali Delphi dijalankan maka akan terlihat lima buah jendela (window). Jendela utama Delphi — terletak pada bagian atas —, adalah sebagai kontrol utama di saat kita membuat program.

Jendela utama Delphi berisikan menu utama, toolbar(speedbar) dan juga component palatte. Judul (title bar) yang terdapat pada jendela utama ini menunjukan nama/judul proyek yang sedang kamu kerjakan.

Menu Utama Delphi

Begitu banyak perintah (command) yang bisa dilakukan dari Menu utama Delphi. Saking banyaknya, hal tersebut malah menjadi problema tersendiri —khususnya bagi para pemula— untuk belajar Delphi. Apalagi dengan menggunakan versi 5 ini, sebagai 'versi awal' kamu, mempelajari pemrograman Delphi.

GAMBAR 2-2 Menu Utama Delphi 5

"Kompleksitas ..."; Selain menawarkan begitu banyak kecanggihannya —lewat penambahan feature-feature baru— Delphi 5 ternyata berkembang menjadi semakin kompeks.

January 1996, ketika untuk pertama kali saya mengintall Delphi 1 pada 486 DX-4 dan kemudian mencoba membuat beberapa demo program, sepertinya tidak terlalu sulit untuk memahami perintah-perintah yang terdapat didalam Menu Utama.

Sekarang, setiap kali membuka Menu, saya jadi berpikir dua kali tentang apa yang harus saya lakukan. Wah bener-bener kompleks deh ...

File Menu

File Menu

Diskripsi

New

Perintah ini sebenarnya memanggil kotak dialog New Items, atau juga disebut Object Repository. Kotak dialog ini menyediakan akses template serta Forms, Dialogs, Projects, ActiveX, Multitier, Data Modules. Hal yang juga sangat menarik dari Object Repository ini -khususnya bagi pemula- adalah tersedianya fasilitas Wizard. Wow.. boleh juga 'tuh.

GAMBAR 2-3 Dialog New Items atau sering juga disebut Object Repository
New Application
Pilihan ini akan membuat proyek baru yang didalam terdapat form, sebuat unit dan sebuah sebuah file dengan extensi DPR. Jika sebelumnya ada proyek lain yang sedang kamu kerjakan maka Delphi akan meminta untuk melakukan proses penyimpanan file, kemudian akan membuat project baru.
New Form

Membuat form baru.

New Frame

Pilihan ini akan membuat serta menambahkan frame kosong kedalam proyek yang sedang dikerjakan. Apa itu frame ? Lihat BAB V.

Open

Menampilkan kotak dialog Open. Gunakan kotak dialog Open untuk membuka project, form, unit atau juga file text kedalam Code editor.

Open Project

Membuka proyek, jika sebelumnya ada proyek lain yang sedang kamu kerjakan maka Delphi akan meminta untuk melakukan proses penyimpanan file, serta akan membuka project yang kamu pilih lewat kotak dialog Open Project.

Reopen

Digunakan untuk membuka kembali salah satu proyek atau file yang terakhir kamu buka, pilihlah dari daftar yang tersedia.

Save

Pilihan ini akan menyimpan modul yang sedang dikerjakan.

Save As

Digunakan untuk menyimapan modul yang sedang dikerjakan, dengan nama baru.

Save Project As

Menyimpan proyek yang sedang dikerjakan, dengan nama proyek yang baru.

Save All

Menyimpan semua file; modul & proyek secara sekaligus.

Close

Menutup modul atau form yang sedang dikerjakan (aktif).

Close All

Digunakan untuk menutup proyek yang sedang kamu kerjakan. Jika perubahan terakhir belum kamu simpan, maka Delphi menanyakannya lewat kotak dialog yang ditampilkan setelah kamu memilih pilihan ini.

Use Unit

Pilih yang satu ini, jika ingin menambahkan nama unit di bawah perintah uses, merupakan cara termudah dibandang dengan harus diketik secara manual.

Print

Jika kamu sedang melakukan proses editing kode program (dalam code editor) dan kemudian memilih perintah ini maka yang akan ditampilkan adalah kotak dialog Print Selection. Tapi jika kamu bekerja dengan form dan kemudian memilih perintah ini maka yang akan ditampilkan adalah kotak dialog Print Form

GAMBAR 2-4 Tergantung kamu sedang di Code Editor atau pada Form, yang jelas salah satu dari kotak dialog ini akan ditampilkan saat kamu mengkases perintah Print
Exit
Yang satu ini .. jelas sudah nggak diragukan lagi, kalo ini yang dipilih jelas kamu tentu akan keluar dari Delphi. Addios amigos .. sayonara & good bye.

Edit Menu

Edit Menu

Diskripsi

Undo

Sepertinya nggak perlu saya jelasin lagi, lantaran kamu-kamu juga udah pada dông alias ngèëéhh (jawa: maksudnya 'udah mengerti).

Redo

Kebalikan dari Undo.

Cut

Digunakan untuk memotong daerah terpilih kemudian menyimpannya kedalam clipboard Windows.

Copy

Apakah kamu juga pengguna Visual FoxPro? Jika ya, maka yang harus perhatikan adalah,misalnya pada saat kamu meng-copy sebuah push button, maka pada Delphi yang di copy hanyalah push button-nya saja. Ingat, semua event prosedur yang terkait dengan komponen tersebut TIDAK IKUT DICOPY. Hal ini jelas berbeda dengan Visual FoxPro, iya khan. Oke selamat bermigrasi.

Paste

Memindahkan isi clipboard ke dalam proyek kamu.

Delete

Hapus.

Select All

Memilih komponen jika kamu sedang dalam form. Jika bekerja dalam code editor, semua kode akan dipilih.

Align to Grid

Digunakan untuk meletakan tepi komponen visual terluar pada garis grid (garis bantu) form terdekat. Pilihan ini hanya akan berfungsi jika pilihan (check box) Snap to Grid yang terdapat pada menu Tools|Environment Option ditandai atau di aktifkan.

Bring to Front

Pindahkan komponen terpilih ke bagian paling depan dari semua komponen yang ada pada form.

Send to Back

Merupakan kebalikan dari Bring to Font, tentunya akan ke bagian belakang.

Align

Akan menampilkan kotak dialog Aligment, kegunaanya adalah untuk membantu meluruskan, membuat spasi yang sama, menengahkan, dan sebagainya, komponen komponen yang ada di form baik secara vertikal maupun horizontal.

GAMBAR 2-5 Tergantung kamu sedang di Kode atau pada Form, yang jelas salah satu dari kotak dialog ini akan ditampilkan saat kamu mengkases perintah Print
Size

Memangil kotak Size yang dapat diguanakan untuk mengubah lebar dan panjang semua komponen visual. Ini adalah cara termudah untuk menyamakan ukuran komponen, tentunya yang saya maksud adalah komponen yang sejenis.

GAMBAR 2-6 Kotak dialog Size
Scale

Digunakan untuk mengubah ukuran komponen secara proportional dengan memasukan besarnya prosentase yang diinginkan, nilai yang valid dari faktor skala adalah dari 25 sampai dengan 400 %.

Tab Order

Menampilkan kotak dialog Edit Tab Order. Kamu bisa merubah urutan komponen visual yang telah diletakan pada form dari kotak dialog ini.

GAMBAR 2-7 Kotak dialog Edit Tab Order
Creation Order
Yang satu ini kegunaanya adalah untuk mengatur urutan komponen non-visual.
Flip Childern

Merubah tata letak komponen secara pencerminan kanan<->kiri. Fasilitas ini sangat berguna ketika kamu harus dengan cepat mengubah komposisi komponen pada form secara kanan<->kiri. Misalnya kamu telah membuat program untuk digunakan oleh orang Indonesia (kebiasaan baca kiri->kanan), karena pelanggannya merasa puas dengan program yang kamu buat, kemudian secara nggak disengaja, kamu juga diminta untuk menyediakan versi Timur Tenggah (kebiasaan baca kanan->kiri) untuk program yang telah kamu buat tersebut. Mudah saja untuk membuat perubahan tataletak komempon untuk masing-masing kultur tersebut, buka saja form yang akan diubah kemudian jalankan perintah Flip Childern.

Lock Controls

Digunakan untuk mengunci posisi obyek yang kamu letakkan di atas form sehingga tidak dapat berpindah.

Add to Interface

Digunakan untuk mendefenisikan procedure, function, atau property untuk komponen ActiveX.

Search Menu

Search Menu

Diskripsi

Find
Akan memanggil kotak dialag Find Text, fungsinya adalah untuk mencari sebuah kata/frasa di jendela editor (code editor) yang sedang aktif.
Find in Files
Kurang lebih sama dengan perintah Search|Find, hanya saja scope (cakupan) pencariannya jauh lebih luas.
GAMBAR 2-8 Kotak dialog Find Text
Replace
Pilihan ini akan menampilkan kotak dialog Replace Text yang digunakan untuk mencari suatu kata.
Search Again
Mengulangi pencarian kata yang sebelumnya dilakukan dengan perintah Searh|Find.
Increment Search
Digunakan untuk mencari sebuah kata/frasa, diketikan langsung pada Code Edit (apa itu code editor; silahkan lihat Gambar 2-1).
Go to Line Number
Fungsinya adalah membawa kursor yang terdapat pada code edit ke nomor baris yang kamu tuliskan pada kotak dialog Go to Line Number.
Fine Error
Digunakan untuk mencari kesealah run-time.
Browse Symbol
Digunakan untuk mencari simbol pada program aplikasi kamu. Misalnya kamu mempuyai sebuah unit bernama unit1, maka kamu dapat mengetikan unit1 pada kotak dialog Browse Symbol.
GAMBAR 2-9 Pada kotak dialog Browse Symbol, simbol yang dicari 'unit1'

Jika simbol yang dicari ditemukan akan ditampilkan kotak dialog Symbol Explorer seperti gambar dibawah ini

View Menu

View Menu

Diskripsi

Project Manager

Pilihan ini akan menampilkan Project Manager, untuk jelasnya silahkan baca pada bagian terakhir dari BAB I - Ayo.. Kita Buat Program.

Translation Manager

Pilihan ini akan menampilkan kotak doalog Translation Manager, kegunaanya untuk me-manage proses translasi bahasa, saat propram aplikasi kamu di-instalasi pada Windows versi bahasa (negara) tertentu. Pastikan kamu telah menambahkan bahasa tertentu kedalam proyek kamu, sebelum menjalankan perintah ini.

GAMBAR 2-10 Kotak dialog Translation Manager

Catatan, untuk menambahkan bahasa kedalam project kamu caranya adalah dengan menjalankan printah Project|Langguage|Add dari menu utama Delphi.

Object Inspector

Digunakan untuk menampilkan Object Inspector.

To-do-List

Menambilkan daftar to-do.

Aligment Pallete

Digunakan untuk menampilkan tool Align, ini merupakan versi visual dari pilihan menuEdit|Align.

GAMBAR 2-11 Versi visual dari Alignment Tool, bandingkan denganGambar 2-5
Browser

Menampilkan Project Browser.

GAMBAR 2-12 Project Browser
Code Explorer

Menampilkan Code Explorer (lihat gambar 2-1).

Component List

Menampilkan daftar komponen yang terpasang pada sistem Delphi di komputer kamu.

Window List

Digunakan untuk menampilkan kotak dialog Window List yang berisi daftar window Delphi yang telah kamu buka. Kotak dialog ini bisa membantu kamu untuk menampilkan/mencari window yang ngumpet dibelakang window-window yang lain.

Debug Windows

Pada menu ini terdapat pilihan-pilihan seperti berikut Breakpoints, Call Stack, Watches, Local Variables, Threads, Modules, Event Log, CPU, FPU.

Desktop

Memilih layout dari desktop yang telah kamu simpan.

Toggle Form/Unit

Berpindah dari form ke code editor.

Unit

Digunakan untuk menampilkan kotak dialog View Units yang akan menampilkan daftar unit dari proyek yang sedang kamu kerjakan

Form

Digunakan untuk menampilkan kotak dialog View Forms yang akan menampilkan daftar unit dari proyek yang sedang kamu kerjakan.

Type Library

Type Library Editor.

New Edit Window

Membuka Jendela Code editor baru berisikan copy-an dari Code editor sebelumnya.

Toolbars

Digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar.

Project Menu

Project Menu

Diskripsi

Add to Project

Ini adalah cara lain menambahkan unit kedalam proyek kamu. Saya sarankan untuk sebaiknya menggunakan 'Project Manager' untuk menambah/mengurangi unit kedalam suatu proyek. Caranya dari menu utama Delphi pilih View|Project Manager.

Remove from Project

Kebalikan dari Add to Project

Import Type Library

Memanggil kotak dialog Import Type Library.

Add to Repository

Digunakan untuk menambahkan form yang sedang kamu buat ke Object Repository. Hal ini berguna jika kamu ingin menggunakan kembali form ini pada proyek yang lain.

View Source

Digunakan untuk menampilkan Delphi project file (DPR). Secara otomatis file DPR ini tercipta saat kamu membuat program aplikasi. Satu hal lagi, sering file ini tidak harus dirubah, khusunya pada program kecil. Lihat Gambar 1-2 (pada BAB I - Ayo.. Kita Buat Program).

Languages

Untuk menambahkan bahasa kedalam project.

Add New Project

Gunakan perintah ini untuk menambahklan item baru(seperti sebuah program baru, DLL, atau package) ke dalam project group.

Add Exsiting Project

Berguna untuk menambahkan suatu project kedalam project group. T

Compile

Digunakan untuk mengkompilasi semua file yang telah diubah pada proyek kamu sejak terakhir kali di eksekusi.

Build

Fungsinya hampir sama dengan Compile, letak perbedaannya, perintah ini akan melakukan re-build untuk semua file yang ada baik yang sudah diubah maupun belum.

Syntax check

Digunakan untuk memeriksa penulisan kode program (sintaksis) pada proyek kamu, tanpa perlu menjalankan proyek tersebut.

Information for

Menampilkan hasil dari proses kompilasi suatu proyek.

Compile All Project

Sama dengan perintah Project|Compile, hanya saja ini untuk project group (terdiri dari beberapa proyek secara sekaligus).

Build All Project

Sama dengan perintah Project|Build, hanya saja ini untuk project group (terdiri dari beberapa proyek secara sekaligus).

Web Deployment Options

Pengaturan option untuk proses pembuatan ActiveForm yang nantiya akan di deploy ke Web server.

Web Deploy

Untuk men-Deploy ActiveForm.

Options

Akan menampilkan kotak dialog Project Options.

Run Menu

Run Menu

Diskripsi

Run

Digunakan untuk menjalankan proyek yang sedang kamu buat. Jika kamu belum mengkompilasinya, maka terlebih dulu Delphi akan mengkompilasinya.

Attach to Process

Choose Run|Attach to Process to debug a process that is currently running.

Parameters

Pilihan ini memungkinkan kamu untuk memasukan parameter saat menjalankan proyek. Hanya berlaku juga aplikasi kamu memang menyediakan pilihan parameter pada command-line-nya.

Register ActiceX Server

Ketika kamu membuat file OCX (ActiveX control). Kamu harus meregistrasi OCX (ActiveX control) tersebut agar bisa digunakan oleh aplikasi lainnya seperti Visual Basic, Visual FoxPro, C++Builder dan tentu juga Delphi. Proses registrasi ini akan menambahkan entry pada Windows registry. Untuk meregistrasi ActiveX control dari Delphi IDE, pilih saja perintah yang satu ini.

Unregister ActiveXServer

Kebalikan dari perintah Run|Register ActiveX Server.

Install MTS Object

Pilihan ini akan memperbolehkan kamu menjalankan obyek MTS (Microsoft Transaction Server) yang terdapat pada aplikasi kamu. Pastikan terlebih dulu kalo kamu telah menginstal Microsoft Transaction Server pada komputer yang kamu gunakan.

Step Over

Berguna untuk melihat jalannya program. Step Over akan mengeksekusi proyek baris demi baris, akan tetapi tidak mengeksekusi prosedur atau fungsi jika baris tersebut memanggilnya.

Trace Into

Kurang lebih sama dengan perintah Run|Step Over, hanya saja perintah ini juga akan mengeksekusi prosedure atau fungsi jika baris tersebut memanggilnya.

Trace to Next Source Line

Pilihan ini memungkinkan kamu melihat baris mana yang akan dieksekusi kemudian.

Run to Cursor

Bisa juga untuk mengawasi variable pada posisi kursor. Jika perintah ini dijalakan maka proyek akan dieksekusi hanya sampai pada lokasi kursor berada, pada edit windows.

Run Until Return
Fasilitas ini hanya tersedia ketika proses berhenti dalam/pada saat debugger.
Show Execution Point

Fungsinya untuk menempatkan kursor pada Execution Point dalam code edit. Execution Pont adalah lokasi yang menunjukan baris berikutnya yang akan dieksekusi dalam program kamu saat menjalankan program lewat IDE. Sedangkan pada code editor, Execution Point ditandai dengan tersorotnya baris kode program.

Program Pause

Berfungsi untuk menghentikan sementara (pause) untuk program yang sedang dieksekusi.

Program Reset

Memaksa mengakhiri program dan mengeluarkannya dari memory, gunakan perintah ini jika program yang sedang kamu coba mengalami masalah saat diuji coba. Dijamin perintah ini sangat berguna sekali, saat sedang mencoba program baru.

Inspect

Perintah ini berguna untuk membuka Jendela Inspector.

Evaluate/Modify

Kegunaanya adalah untuk mengevaluasi atau mengubah nilai ekspresi yang ada.

Add Watch

Pilihan ini merupakan cara lain untuk menambahkan varible yang ingin diamati.

GAMBAR 2-13 Kotak dialog Wath Properties
Add Breakpoint

Pilihan ini merupakan cara lain untuk menambahkan breakpoint pada daftar breakpoint.

Component Menu

Component Menu

Diskripsi

New Component

Pilihan ini memungkinkan kamu untuk membuat komponen Delphi (VCL) baru. Mengenai hal ini akan saya bahas pada BAB V - Buat'in Komponen Delphi.

GAMBAR 2-14 Kotak dialog New Component
Install Component

Pilihan ini akan menginstall komponen ke ke dalam Delphi Package File (DPK) yang sedang aktif atau yang baru.

Import ActiveX Control

Kotak dialog Import ActiveX akan menampilkan daftar ActiveX controls yang telah giregister pada sistem komputer kamu, jadi kamu bisa menambahkannya ke dalam proyek Delphi kamu.

GAMBAR 2-15 Kami bisa meng-Impor komponen ActiveX ke Delphi, lewat kotak dialog ini, pastikan ActiveX yang akan diimpor diletakan pada lembar yang tepat pada Component Pallate
Create ComponentTemplate

Membuat Komponen Template. Semua informasi komponen temple disimpan dalam satu file, DELPHI32.DCT.

Install Packages

Mengintal Delphi Packages File, untuk informasi lebih detail silahkan lihat BAB V - Buat'in Komponen Delphi.

Configure Palatte

Mengatur konfigurasi dari Component palatte.

Database Menu

Database Menu

Diskripsi

Explore

Pilihan ini akan menampilkan SQL Exlorer, memungkin kamu untuk mengamati struktur database. Dibahas dengan lebih detail pada Bab X - Basis Data dengan Delphi. Ingat, basis data merupakan hal yang juga sangat menarik dalam dunia bisnis pemrograman. (programming is my business, hee..)

GAMBAR 2-16 Kotak dialog New Component
SQL Monitor

Digunakan untuk menjalankan progaram SQL Monitor yang akan menunjukan bagaimana query dieksekusi oleh program aplikasi kamu.

Form Wizard

Wizard lagi, membuat program basis data dengan cara yang sangat menyenakan. Ikuti langkah-langkahnya, dalam sekejap program basis data kamu akan selesai dibuat oleh Delphi.

Tools Menu

Tools Menu

Diskripsi

Environment Options

Perintah ini akan menampilkan kotak dialog Environment Options yang digunakan untuk mengatur komfigurasi IDE.

Editor Options

Menampilkan kotak dialog Editor Options yang berguna mengatur tampilan dari Editor, meliputi Code Insight, Warna, Key Mappings, dan lain hal lain yang berhubungan dengan edit.

Debuger Options

Menampilkan kotak dialog Debuger Options.

Repository

Pilihan ini akan menampilkan kotak dialog Object Repository, kamu bisa me-manage ulang item-item yang terdapat pada Object Repository.

Translation Repository

Menampilkan Translation Repository, hasil dari proses ini akan disimpan dalam file dengan extensi RPS.

Configure Tools

Gunakan untuk perintah ini jika kamu ingin menambahakan pilihan pada menu Tools dari aplikasi Delphi. Kamu bisa membuat aplikasi favorite muncul di menu Tools ini serta menjalankannya melalui menu ini juga.

Database Desktop

Menjalankan file external yaitu DBD32.EXE, yaitu Borland Database Desktop versi 7. Dengan menggunakan database desktop kamu bisa membuat, melihat, mensortir, memodifikasi serta query tables dalam format Paradox, dBASE, serta SQL. Menurut istilah pasasarannya, Database Destop berguna untuk membuat struktur Database. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Bab X - Basis Data dengan Delphi

Package Collection Editor

Menjalankan file external yaitu PCE.EXE, yaitu Package Collection Editor. Kamu bisa meliha serta mengedit packages dan file lain yang berhubungan dengan package collection.

Image Editor

Menjalankan file external yaitu IMAGEDIT.EXE, yaitu Borland Image Editor versi 3. Gunakan editor ini juga kamu ingin membuat resorce file, icon, cursor atau bitmap yang nantinya akan digunakan didalam program aplikasi yang kamu kembangkan.

TeamSource

Menajalankan file external TEAMRSC.EXE, gunakan tools canggih ini jika kamu bekerja dalam sebuah Team saat mengembangkan suatu program aplikasi.

Help Menu

Help Menu

Diskripsi

Delphi Help

Menampilkan Delphi Help.

Delphi Tools

Help untuk aplikasi-aplikasi penunjang Delphi (tools penunjang). Misalnya Image Editor, Database Desktop, serta tool yang lainnya.

Windows DSK

Pingin belajar Windows API, jalanin aja help ini, maka akan tampil Microsoft Win32 Developre's Reference. Kalo kamu bingung masalah API, ya, itu sihh biasa . Mulanya memang begitu, tapi kalo 'udah biasa dijami 'deh, kayak teman lama makanya jangan main api.. salah-salah malah kebakar.

Borland Home Page

Akan menjalankan web browser kamu.

Delphi Home Page

Akan menjalankan web browser kamu.

Delphi Developer Support

Akan menjalankan web browser kamu.

Delphi Direct

Akan menjalankan web browser kamu.

Custumize

Menjalankan Borland OpenHelp versi 4. Kegunaannya adalah untuk me-menage file-file help (HLP).

About

Untuk menampilkan 'easter egg' (pesan tersembunyi) maka setelah muncul kotak dialog About Delphi, tekan tombol dan kemudian ketikan 'TEAM'. Bisa juga kemudian ketikan 'DEVELOPERS'. Ada lagi kemudian ketikan 'JEDI'. Masih ada lagi ?

Toolbar alias Speedbar

Banyak hal yang baru bisa kita ketahui 'kalo udah agak lama berkecimpung dengan masalah tersebut. Pada Delphi misalnya, walaupun terdapat begitu banyak perintah-perintah dari menu utamanya, sebenarnya tidak terlalu banyak perintah yang kita jalankan, tetapi ada beberapa perintah yang frekuensi penggunaanya begitu tinggi misalnya Save, Run, Compile, serta juga beberapa perintah lain.

Gunakan saja toolbar sebagai cara mudah & cepat untuk mengakses suatu perintah-perintah yang tingkat penggunakaanya begitu tinggi, tentunya hal ini dilakukan untuk apa yang sebut sebagai suatu efisiensi. Selain itu biar kita-kita nggak pada bööring.

GAMBAR 2-17 Tampilan toolbar 'Default' dari Delphi 5

Beberapa perintah yang dibutuhkan mungkin telah terdapat pada toolbar. Tapi 'kalo perintah yang dibutuhkan tersebut belum terdapat pada toolbar, maka kamu dapat menambahkannya. Caranya dengan menekan mouse kanan pada toolbar, kemudian dari pop-up menu pilih Customize.

GAMBAR 2-18 Pingin merubah komposisi toolbar? Lakukan seperti pada gambar ini

Generasi Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan printah program yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur terntentu (syntax), dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan bahasa alamiah (natural language), sintaksis dan semantik bahasa pemrograman komputer ditentukan secara jelas dan terstruktur, sehingg bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language).

Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  • Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.
  • Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language), merupakan bahasa pemrograman dimana pengguna instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya pindahkan (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .net (baca: dot net) seperti Visual Basic.NET dan Delphi.Net yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada aran berbasis internet

Sejauh ini bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi lima generasi. Setiap generasi bahasa pemrograman memiliki karakteristik tersendiri. Semakin maju generasinya maka orientasi bahasa pemrograman ini akan semakin dekat ke manusia.

Gambar di atas menunjukkan terjadinya kecenderungan pergeseran orientasi dalam bahasa-bahasa pemrograman, dari pendekatan yang berorientasi kepada mesin menuju ke pendekatan yang berorientasi pada manusia.

Bahasa Pemrograman Generasi I

Bahasa pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.

Kode dalam Bahasa Mesin

Kode dalam Bahasa Mesin

Bahasa Pemrograman Generasi II

Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE” dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.

Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut:

Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.

Kode dalam Bahasa Rakitan

Kode dalam Bahasa Rakitan

Bahasa Pemrograman Generasi III

Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.

Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.

Bahasa Pemrograman Generasi IV

Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.

Bahasa pemrograman generasi keempat biasa disebut sebagai high level languageatau bahasa berorientasi pada masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah ini memberikan contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan non-prosedural dalam memperoleh data tentang seorang mahasiswa.

Bahasa Prosedural dan Non Prosedural

Bahasa Prosedural dan Non Prosedural

Bahasa Pemrograman Generasi V

Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin dalam ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah sebagai berikut:

  • Pemrosesan bahasa alami (natural language processing), yakni mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (Indonesia, Inggris, Spanyol, Prancis, dan sebagainya).
  • Pengedalian robotika dan sensor mata.
  • Aplikasi sistem pakar (expert system) yang meniru seorang pakar di bidang tertentu sehingga bisa menghasilkan nasehat atau pemikiran yang setara dengan seorang pakar.

Dengan menggunakan bahasa generasi kelima dimungkinkan untuk melakukan perintah dengan cara percakapan seperti berikut:

“Tampilkan semua nama mahasiswa yang IPK-nya di atas 3,0 dan urutkan berdasarkan IP secara descending”

PROLOG dan LISP merupakan dua contoh bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan


http://teknik-informatika.com/bahasa-pemrograman/

0 comments:

Posting Komentar